Entitas Karakter

Entitas karakter

image :priosulsanhd.blogspot.com
Beberapa karakter memiliki arti khusus dalam HTML, seperti tanda lebih kecil (<) yang mendefinisikan awal dari sebuah tag HTML. Kalau kita ingin agar browser menampilkan tanda lebih kecil itu (<), kita harus menyisipkan entitas karakter dalam kode HTML kita.
Entitas karakter memiliki 3 komponen: sebuah tanda dan (&), nama entitas atau sebuah # yang diikuti nomor entitas dan diakhiri dengan tanda titik koma (;).
Untuk menampilkan tanda lebih kecil dalam halaman HTML kita, maka kita harus menuliskan: &lt; atau &#60;

Keuntungan menggunakan nama dibandingkan nomor adalah bahwa nama lebih mudah untuk diingat. Kekurangannya adalah bahwa tidak semua browser mendukung nama-nama entitas yang baru, namun demikian hampir semua browser mendukung nama entitas standar.
Catatan: entitas bersifat case sensitif.

Spasi berurutan

Entitas karakter yang mungkin akan paling sering kamu pakai adalah spasi.
HTML akan menghilangkan spasi dalam teks HTML kamu. Kalau kamu menuliskan 10 spasi pada kode HTML kamu, maka HTML akan menghapus 9 spasi. Nah, untuk menambahkan spasi pada dokumen HTML kamu, gunakan entitas karakter &nbsp;

Beberapa entitas karakter yang sering dipakai:


Hasil
Penjelasan
Nama Entitas
Nomor Entitas

Spasi
&nbsp;
&#160;
<
Kurang dari
&lt;
&#60;
>
Lebih dari
&gt;
&#62;
"
Tanda kutip
&quot;
&#34;
'
Kutip tunggal
&apos; (Ndak berlaku di IE)
&#39;
&
Dan
&amp;
&#38;

Beberapa komentar yang ada meminta agar tutorial ini ditambah dengan contoh agar lebih jelas. Nah, berikut ini contoh untuk memperjelas tentang apa yang dimaksud dengan entitas karakter.
Kasusnya sangat mudah kok. Kita kan udah tahu, kalau yang namanya HTML itu menggunakan tag, iya kan? Salah satu contoh adalah tag <b> </b>untuk menebalkan huruf.
Sekarang bayangkan kalau suatu ketika kamu diminta untuk menulis tutorial tentang HTML dan kebetulan akan menulis tentang tag HTML yang berfungsi untuk menebelkan huruf. Misalnya kamu pengen baris berikut tampil di tutorial kamu (perhatikan, kamu ingin agar tag <b> dan </b> muncul dalam baris tersebut).
Untuk menebalkan huruf seperti kata tebal ini, kamu memerlukan tag <b> dan </b>
Nah, coba pikirkan, bagaimana menuliskan bari sederhana ini tanpa entitas karakter. Ndak bisa kan? Misalnya kamu menulis seperti ini:
Untuk menebalkan huruf seperti kata <b>tebal</b> ini, 
   kamu memerlukan tag <b> dan </b>
Apa yang terjadi? Browser akan menampilkan kalimat berikut:
Untuk menebalkan huruf seperti kata tebal ini, kamu memerlukan tag dan
Apa bedanya? Ya...tag <b> dan </b> tidak muncul, sebagai gantinya, kata dan akan tampil dalam huruf tebal.
Untuk membuat agar tag <b> dan </b> dapat muncul, kamu memerlukan entitas karakter, sehingga kamu harus menuliskan kode HTML menjadi seperti ini:
Untuk menebalkan huruf seperti kata <b>tebal</b> ini,
   kamu memerlukan tag &lt;b&gt; dan &lt;/b&gt;
Perhatikan, tanda < saya ganti dengan entitas karakter &lt;, sedangkan tanda > saya ganti dengan &gt;.
Lhah ... nambah lagi tuh pertanyaan di komentar. Gini pertanyaannya, terus gimana dunks cara kita menampilkan &gt; biar yang keluar bukan >.
Mudah aja, kita bisa gunakan &amp di depannya untuk meng-escape tanda & sehingga kamu bisa tulis seperti ini &amp; &gt; (tanpa spasi di antara &amp; dan &gt;. Saya terpaksa menuliskan menggunakan spasi, karena tidak mungkin saya tuliskan tanpa spasi.)
Gampang kan? Ok, mudah-mudahan contoh ini bisa meningkatkan pemahaman kamu tentang apa yang dimaksud dengan entitas karakter ini.
Nah, kamu udah belajar HTML cukup jauh saat ini. So, jangan lupa kembali lagi ke Prothelon.com tempat di mana tutorial terbaik tersedia secara gratis

Posting Komentar untuk "Entitas Karakter"